AGENDA

dinas lingkungan hidup

Provinsi Kalimantan Utara

HUTRi73

BLH KALTARA SABET JUARA II KATEGORI STAND KREATIF

BLH KALTARA untuk kedua kalinya mengikuti Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke 20 tahun 2016 yang di selenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerjasama Antheus beberapa waktu lalu. Dalam Pameran yang dilaksankan di JCC ini Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kalimantan Utara (Kaltara) berhasil menyabet juara 2 kategori Stand Kreatif.

Acara yang dimulai tanggal 9 - 12 Juni 2016 di Pre - Function Exhibition Hall A, Jakarta Convention Center ( JCC ), Jakarta, dimeriahkan berbagai acara, misalnya pameran, seminar dan talkshow.

Sekretaris BLH Kaltara, Hj Mariyani pekan lingkungan hidup diikuti oleh 367 booth peserta baik dari instansi pemerintah maupun swasta. blh sendiri memiliki stand yang di desain khas daerah kalimantan yang mana didalamnya diisi oleh bahan daur ulang, kerajinan tangan hkhas kalimantan utara dan hasil hutan yang ada di kaltara

Selain sebagai sarana pembinaan masyarakat, kata Mariyani, melalui kampanye dan pendidikan lingkungan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat pada aspek pelestarian hutan, perbaikan lingkungan hidup dan peningkatan nilai ekonomi yang dihasilkan dari pengelolaan sumber daya alam dalam berbagai produk yang ramah lingkungan

"Pada kegiatan Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke 20 tahun 2016 ini kami sangat bangga dapat membawa nama Kaltara meraih juara dalam acara tersebut, Saya pikir hal ini dikarenakan Kaltara menampilkan sesuatu yang sesuai dengan yang diharapkan para juri. Banyak stand yang sebenarnya bagus dan menampilkan hal yang menarik" kata Mariyani.

Stand yang dimiliki Kaltara, lanjut Maryani, isi dari stand ini diisi dari pengrajin di kabupaten/kota yang dinilai kreatif oleh juri. Hal ini disebabkan karena BLH Kaltara telah memenfaatkan sampah daur ulang menjadi benda yang bernilai ekonomis.


"Karena dianggap kreatif, sehingga kita mendapatkan juara ke II" ujar Irianto.

 Wakil Presiden membuka Pekan Lingkungan Hidup Kehutanan Ke-20 Tahun 2016. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla disambut oleh dua ekor gajah saat hadir untuk membuka “Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ke-20 Tahun 2016” , Rabu (9/6/2016) di Jakarta Convention Center Jakarta. Kehadiran gajah ini sebagai simbolisasi dari tema nasional Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ke-20 Tahun 2016 yaitu “Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar untuk Kehidupan”, yang searah dengan tema internasional yang ditetapkan UNEP “Go Wild for Life”.

Pada kesempatan itu Bapak Wakil Presiden juga memberikan nama pada 2 anak gajah, yang lahir di Taman Nasional Tesso Nilo, Wapres memberi nama Rimbani dan yang lahir di Taman nasional Way Kambas dengan nama Fitria serta 1 anak banteng yang lahir di Taman Nasional Baluran dengan nama Patih. Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ke-20 Tahun 2016 merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu sendiri baru akan diperingati pada 23 Juli 2016 di Siak, Riau yang saat ini sedang dimohonkan untuk dibuka oleh Presiden Republik Indonesia. (BLHKALTARA)